Halaman

sumber detik.com
sumber detik.com
Gabutbanget.net- Bersebelahan dengan Gresik, daerah yang satu ini banyak dikenal dengan kuliner khasnya seperti soto dan pecel lele Lamongan. Lamongan sendiri merupakan salah satu kebupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Selain kulinernya, daerah ini ternyata juga menyimpan sejuta pesona alam yang menakjubkan, sayangnya masih banyak yang belum mengetahui padahal mulai dari situs wisata bersejarah, spot foto, sampai bentang pantai yang memanjakan mata dapat ditemukan di Lamongan.


Jika Anda mempunyai rencana liburan ke salah satu daerah yang berada di pesisir pantai utara ini tak usah khawatir akan keindahannya, kabupaten ini menawarkan cukup banyak pilihan wisata untuk Anda kunjungi. Sejauh ini Lamongan memang jarang terdengar wisatanya, walau begitu nyatanya kabupaten ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang bernuansa alam, pantai, sejarah, kuliner hingga religi yang tentunya tak kalah dengan daerah-daerah wisata lainnya di Indonesia.


Untuk memudahkan Anda menentukan pilihan wisata di Lamongan yang paling tepat sesuai dengan selera Anda. Gabutbanget.net akan merangkumnya secara singkat, berikut ini 10 tempat wisata di Lamongan yang wajib dikunjungi.


1. Wisata Edukasi Gondang Outbond


Wisata Edukasi Gondang Outbond atau yang lebih sering dikenal lewat akronimnya 'Wego' merupakan wisata yang berada di Lamongan bagian selatan. Tempat ini resmi dibuka untuk umum di tahun 2016. Wego Lamongan banyak menawarkan pengalamann berwisata dengan konsep edu-tourism atau rekreasi sambil belajar. 


Dengan luas tempat 23 hektar, Wego Lamongan menawarkan berbagai pengalaman seru bagi para wisatawan. Mulai dari wahana pesawat terbang, bermain-main di waterpark, outbond, berkemah maupun berfoto ria. Fasilitas yang tersedia di Wego Lamongan boleh dikatakan cukup lengkap, terdapat area parkir, kamar mandi, musholla, dan gazebo yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat. Wego Lamongan ini berlokasi di Jalan Raya Waduk Gondang, Dusun Juwet, Desa Deketagung, Kecamatan Sugio, Lamongan. Tempat ini mempunyai jarak 1 kilometer dari wisata Waduk Gondang.


2.  Pantai Kutang


Pantai Kutang sendiri menjadi destinasi wisata pantai yang cukup lumayan populer di kawasan Lamongan. Melalui pesonanya yang memanjakan mata, semakin membuat penasaran wisatawan untuk mengunjunginya. Terdapat cerita unik dibalik nama lokasi wisata yang satu ini. Sebagaimana yang telah banyak diketahui, kutang merupakan salah satu pakaian dalam perempuan atau yang dikenal dengan sebutan 'Bra'.


Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, dahulu sebelum pantai ini menjadi destinasi wisata kerap kali dijadikan sebagai lokasi dimana para muda-mudi berkumpul. Dan pada saat mereka telah meninggalkan lokasi pantai, mereka kerap kali meninggalkan pakaian dalam disana. Warga sekitar banyak menjumpai pakaian dalam yang tersangkut di pohon bakau atau tergeletak begitu saja di pasir. Oleh sebab itulah, pantai ini kemudian dinamai atau dikenal sebagai Pantai Kutang. Destinasi ini berlokasi di Kentong,  Labuhan, Kecamatan Brondong, Lamongan.


3. Telaga Sadang Lamongan


Telaga Sadang sendiri adalah sebuah kawasan yang tebentuk dari hasil bekas galian tambang batu kapur yang terdapat di di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Keindahan Telaga Sadang kian terlihat dari atas tebing kapur di sekitarnya yang membentuk sebuah bangunan unik dengan gradasi warna yang beragam terlebih lagi air danau dari telaga ini yang berwarna hijau menjadikannya semakin terlihat indah. 


Telaga Sadang, sekilas tampak seperti wisata Bukit Jaddih yang berada di Bangkalan, Madura. Keduanya pun sama-sama berasal dari galian tambang batu kapur. Selain Telaga Sadang, di Lamongan sendiri terdapat beberapa lokasi serupa, tetapi air danau yang berwarna hijau menjadi ciri khasnya tersendiri. Telaga Sadang ini berlokasi di Desa Bluri, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. 


4. Pemandian Air Panas Brumbung


Pemandian Air Panas Brumbung cocok untuk Anda gunakan sebagai pilihan berlibur bersama keluarga. Tempat wisata ini memang sudah terkenal karenan keindahannya. Ketika Anda memutuskan untuk berlibur ke Pemandian Air Panas Brumbung, disini Anda akan disuguhkan keindahan yang masih sangat alami. Terdapat pulal berbagai spot foto yang cocok untuk digunakan swafoto. 


Pemandian Air Panas Brumbung jika dilihat dari segi tempat memang tidak terlalu luas, hanya memilki luas 5x10 meter dengan menyediakan dua kolam untuk wisatawan laki-laki dan perempuan. Walau tidak terlalu luas, destinasi wisata pemandian air panas yang berada di Lamongan ini selalu dipenuhi pengunjung baik yang dari kota Lamongan sendiri maupun yang berasal dari luar kota seperti daerah Bojonegoro, Gresik serta berbagai kota yang lainnya.


5. Waduk Gondang


Pada awalnya Waduk Gondang dibangun tujuan utamanya hanya sebagai tempat penampungan air hujan guna irigasi bagi persawahan masyarakat Lamongan. Waduk Gondang diresmikan di tanggal 04 April 1987 oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Soeharto. Namun seiring dengan perkembangannya Waduk Gondang dipandang sangat potensialuntuk dijadikn area wisata, oleh karenanya waduk ini mulai ditunjang dengan pembangunan berbagai sarana dan prasarana salah satunya dengan hadirnya wahana permainan air serta tempat pemancingan. Terdapat pula area perkemahan, outbond, beberapa permainan anak, serta tempat kuliner. 


Untuk menikmati Waduk Gondang, Anda bisa mencoba melakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan menaiki perahu motor untuk mengelilingi waduk. Ada pula sepedah air oyang sangat cocok buat Anda yang datang berkunjung berdua bersama pasangan. Soal harga penyewaan tidak usah khawatir karena dijamin biayanya sangat ramah  di kantong. Lokasi Waduk Gondang berada di Desa Deketagung, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan.


6. Wisata Akar Langit Trinil


Sebagai gambaran umum, wisata yang satu ini hampir sama dengan apa yang bisa ditemukan di film Harry Potter yang memiliki Pohon Dedalu Perkasa. Pohon Trinil disini memiliki akar yang sangat besar meliuk membentuk jejaring yang sungguh menakjubkan. Nama wisata alam yang satu ini adalah Wisata Akar langit Trinil atau yang biasa dikenal sebagai Wisata Rumah Pohon Lestari yang memang salah satu dari sekian wisata hits yang berada di Kabupaten Lamongan.


Wisata Akar Langit Trinil memang merupakan wisata yang terbentuk secara alami, tetapi beberapa waraga desa memanfaatkannya sebagai aset yang harus dijaga kelestariannya. Tarif yang dipatok untuk pengunjung pun tidaklah terlalu mahal, cukup membayar Rp. 5.000 per orangnya. Wisata Akar Langit Pohon Trinil berada di Lembor, Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan. 


7. Istana  Gunung Mas 27 Mantup


Sebelum menjadi destinasi wisata yang keren, pada awalnya di lokasi Istana Gunung Mas 27 ini merupakan bekas tambang yang tandus, gersang, juga panas. Lokasi yang gersang itulah yang kemudian disulap menjadi destinasi wisata. Di lokasi wisata tersebut Anda yang berkunjung akan mendapati rumah-rumah bernuansa Jawa dan China dengan warna khas merah di setiap bangunan yang berada di kawasan tersebut. 


Fasilitas yang disediakan oleh pengelola wisata di Istana Gunung Mas 27 Mantup terbilang cukup langkap, jadi bagi Anda yang ingin pergi berkunjung tidak usah terlalu khawatir. Terdapat area parkir  yang luas, tempat makan yang nyaman,  gazebo, area spot foto, playground, mushola, dan beberapa sarana penunjang lainnya. Istana Gunung Mas 27 Mantup ini berlokasi di Desa Tugu, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan.


8. Pantai Klayar Lamongan 


Jika Anda berpikir bahwa Pantai Klayar hanya ada di Pacitan saja, setidaknya mulai sekarang Anda harus juga mengetahui Pantai Klayara yang berada di Lamongan. Destinasi ini berlokasi di Desa Klayar, masih dalam wilayah Lamongan bagian utara. 


Destinasi wisata ini cukup terbilang masih sepi, disebabkan oleh letaknya yang berada di belakang sekolah. Walau begitu, keindahannya tak perlu diragukan lagi. Ketika Anda mulai memasuki Pantai Klayar akan disambut oleh rumbunan pohon mangrove yang lebat. Rute jalurnya masih menggunakan jalan setapak.

 

9. Gunung Ratu


Masih di wilayah Lamongan bagian selatan, terdapat satu destinasi wisata yang bakal cocok buat Anda yang menyukai sejarah. Tempat wisata tersebut adalah Gunung Ratu. Konon ceritanya dahulu kala Gunung Ratu ini adalah lokasi pengasingan ibunda Gajah Mada yaitu Dewi Andong Sari sekaligus tempat bagi Gajah Mada di lahirkan.

 

Meruju dari cerita yang berkembang luas di tengah masyarakat, Dewi Andong Sari merupakan salah satu selir dari Raden Wijaya. Karena difitnah telah hamil di luar nikah, mengakibatkan Dewi Andong Sari dibuang dari kerajaan. Gunung Ratu sendiri berlokasi di Dusun Cancing, Desa Sendangrejo, Kecamatan Ngimbang, Lamongan.


10. Alun-alun Lamongan


Kurang lengkap rasanya jika di Lamongan tapi tidak berkunjung ke Alun-alun Lamongan, sebab disana tersedia berbagai wahana permainan yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung guna melipur lara atau lanskape panorama pusat pemerintahan kabupaten Lamongan yang banyak berdiri gedung yang aesthetic.


Alun-alun Lamongan dapat dikunjungi setiap waktu, nancmun waktu yang tepat untuk berkunjung kesana adalah di malam hari. Pada saat malam hari itulah kerlap-kelip lampu di sekitar Alun-alun Lamongan berpadu dengan sejuknya malam.

10 Wisata di Lamongan yang Wajib Dikunjungi

sumber detik.com
sumber detik.com
Gabutbanget.net- Bersebelahan dengan Gresik, daerah yang satu ini banyak dikenal dengan kuliner khasnya seperti soto dan pecel lele Lamongan. Lamongan sendiri merupakan salah satu kebupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Selain kulinernya, daerah ini ternyata juga menyimpan sejuta pesona alam yang menakjubkan, sayangnya masih banyak yang belum mengetahui padahal mulai dari situs wisata bersejarah, spot foto, sampai bentang pantai yang memanjakan mata dapat ditemukan di Lamongan.


Jika Anda mempunyai rencana liburan ke salah satu daerah yang berada di pesisir pantai utara ini tak usah khawatir akan keindahannya, kabupaten ini menawarkan cukup banyak pilihan wisata untuk Anda kunjungi. Sejauh ini Lamongan memang jarang terdengar wisatanya, walau begitu nyatanya kabupaten ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang bernuansa alam, pantai, sejarah, kuliner hingga religi yang tentunya tak kalah dengan daerah-daerah wisata lainnya di Indonesia.


Untuk memudahkan Anda menentukan pilihan wisata di Lamongan yang paling tepat sesuai dengan selera Anda. Gabutbanget.net akan merangkumnya secara singkat, berikut ini 10 tempat wisata di Lamongan yang wajib dikunjungi.


1. Wisata Edukasi Gondang Outbond


Wisata Edukasi Gondang Outbond atau yang lebih sering dikenal lewat akronimnya 'Wego' merupakan wisata yang berada di Lamongan bagian selatan. Tempat ini resmi dibuka untuk umum di tahun 2016. Wego Lamongan banyak menawarkan pengalamann berwisata dengan konsep edu-tourism atau rekreasi sambil belajar. 


Dengan luas tempat 23 hektar, Wego Lamongan menawarkan berbagai pengalaman seru bagi para wisatawan. Mulai dari wahana pesawat terbang, bermain-main di waterpark, outbond, berkemah maupun berfoto ria. Fasilitas yang tersedia di Wego Lamongan boleh dikatakan cukup lengkap, terdapat area parkir, kamar mandi, musholla, dan gazebo yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat. Wego Lamongan ini berlokasi di Jalan Raya Waduk Gondang, Dusun Juwet, Desa Deketagung, Kecamatan Sugio, Lamongan. Tempat ini mempunyai jarak 1 kilometer dari wisata Waduk Gondang.


2.  Pantai Kutang


Pantai Kutang sendiri menjadi destinasi wisata pantai yang cukup lumayan populer di kawasan Lamongan. Melalui pesonanya yang memanjakan mata, semakin membuat penasaran wisatawan untuk mengunjunginya. Terdapat cerita unik dibalik nama lokasi wisata yang satu ini. Sebagaimana yang telah banyak diketahui, kutang merupakan salah satu pakaian dalam perempuan atau yang dikenal dengan sebutan 'Bra'.


Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, dahulu sebelum pantai ini menjadi destinasi wisata kerap kali dijadikan sebagai lokasi dimana para muda-mudi berkumpul. Dan pada saat mereka telah meninggalkan lokasi pantai, mereka kerap kali meninggalkan pakaian dalam disana. Warga sekitar banyak menjumpai pakaian dalam yang tersangkut di pohon bakau atau tergeletak begitu saja di pasir. Oleh sebab itulah, pantai ini kemudian dinamai atau dikenal sebagai Pantai Kutang. Destinasi ini berlokasi di Kentong,  Labuhan, Kecamatan Brondong, Lamongan.


3. Telaga Sadang Lamongan


Telaga Sadang sendiri adalah sebuah kawasan yang tebentuk dari hasil bekas galian tambang batu kapur yang terdapat di di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Keindahan Telaga Sadang kian terlihat dari atas tebing kapur di sekitarnya yang membentuk sebuah bangunan unik dengan gradasi warna yang beragam terlebih lagi air danau dari telaga ini yang berwarna hijau menjadikannya semakin terlihat indah. 


Telaga Sadang, sekilas tampak seperti wisata Bukit Jaddih yang berada di Bangkalan, Madura. Keduanya pun sama-sama berasal dari galian tambang batu kapur. Selain Telaga Sadang, di Lamongan sendiri terdapat beberapa lokasi serupa, tetapi air danau yang berwarna hijau menjadi ciri khasnya tersendiri. Telaga Sadang ini berlokasi di Desa Bluri, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. 


4. Pemandian Air Panas Brumbung


Pemandian Air Panas Brumbung cocok untuk Anda gunakan sebagai pilihan berlibur bersama keluarga. Tempat wisata ini memang sudah terkenal karenan keindahannya. Ketika Anda memutuskan untuk berlibur ke Pemandian Air Panas Brumbung, disini Anda akan disuguhkan keindahan yang masih sangat alami. Terdapat pulal berbagai spot foto yang cocok untuk digunakan swafoto. 


Pemandian Air Panas Brumbung jika dilihat dari segi tempat memang tidak terlalu luas, hanya memilki luas 5x10 meter dengan menyediakan dua kolam untuk wisatawan laki-laki dan perempuan. Walau tidak terlalu luas, destinasi wisata pemandian air panas yang berada di Lamongan ini selalu dipenuhi pengunjung baik yang dari kota Lamongan sendiri maupun yang berasal dari luar kota seperti daerah Bojonegoro, Gresik serta berbagai kota yang lainnya.


5. Waduk Gondang


Pada awalnya Waduk Gondang dibangun tujuan utamanya hanya sebagai tempat penampungan air hujan guna irigasi bagi persawahan masyarakat Lamongan. Waduk Gondang diresmikan di tanggal 04 April 1987 oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Soeharto. Namun seiring dengan perkembangannya Waduk Gondang dipandang sangat potensialuntuk dijadikn area wisata, oleh karenanya waduk ini mulai ditunjang dengan pembangunan berbagai sarana dan prasarana salah satunya dengan hadirnya wahana permainan air serta tempat pemancingan. Terdapat pula area perkemahan, outbond, beberapa permainan anak, serta tempat kuliner. 


Untuk menikmati Waduk Gondang, Anda bisa mencoba melakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan menaiki perahu motor untuk mengelilingi waduk. Ada pula sepedah air oyang sangat cocok buat Anda yang datang berkunjung berdua bersama pasangan. Soal harga penyewaan tidak usah khawatir karena dijamin biayanya sangat ramah  di kantong. Lokasi Waduk Gondang berada di Desa Deketagung, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan.


6. Wisata Akar Langit Trinil


Sebagai gambaran umum, wisata yang satu ini hampir sama dengan apa yang bisa ditemukan di film Harry Potter yang memiliki Pohon Dedalu Perkasa. Pohon Trinil disini memiliki akar yang sangat besar meliuk membentuk jejaring yang sungguh menakjubkan. Nama wisata alam yang satu ini adalah Wisata Akar langit Trinil atau yang biasa dikenal sebagai Wisata Rumah Pohon Lestari yang memang salah satu dari sekian wisata hits yang berada di Kabupaten Lamongan.


Wisata Akar Langit Trinil memang merupakan wisata yang terbentuk secara alami, tetapi beberapa waraga desa memanfaatkannya sebagai aset yang harus dijaga kelestariannya. Tarif yang dipatok untuk pengunjung pun tidaklah terlalu mahal, cukup membayar Rp. 5.000 per orangnya. Wisata Akar Langit Pohon Trinil berada di Lembor, Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan. 


7. Istana  Gunung Mas 27 Mantup


Sebelum menjadi destinasi wisata yang keren, pada awalnya di lokasi Istana Gunung Mas 27 ini merupakan bekas tambang yang tandus, gersang, juga panas. Lokasi yang gersang itulah yang kemudian disulap menjadi destinasi wisata. Di lokasi wisata tersebut Anda yang berkunjung akan mendapati rumah-rumah bernuansa Jawa dan China dengan warna khas merah di setiap bangunan yang berada di kawasan tersebut. 


Fasilitas yang disediakan oleh pengelola wisata di Istana Gunung Mas 27 Mantup terbilang cukup langkap, jadi bagi Anda yang ingin pergi berkunjung tidak usah terlalu khawatir. Terdapat area parkir  yang luas, tempat makan yang nyaman,  gazebo, area spot foto, playground, mushola, dan beberapa sarana penunjang lainnya. Istana Gunung Mas 27 Mantup ini berlokasi di Desa Tugu, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan.


8. Pantai Klayar Lamongan 


Jika Anda berpikir bahwa Pantai Klayar hanya ada di Pacitan saja, setidaknya mulai sekarang Anda harus juga mengetahui Pantai Klayara yang berada di Lamongan. Destinasi ini berlokasi di Desa Klayar, masih dalam wilayah Lamongan bagian utara. 


Destinasi wisata ini cukup terbilang masih sepi, disebabkan oleh letaknya yang berada di belakang sekolah. Walau begitu, keindahannya tak perlu diragukan lagi. Ketika Anda mulai memasuki Pantai Klayar akan disambut oleh rumbunan pohon mangrove yang lebat. Rute jalurnya masih menggunakan jalan setapak.

 

9. Gunung Ratu


Masih di wilayah Lamongan bagian selatan, terdapat satu destinasi wisata yang bakal cocok buat Anda yang menyukai sejarah. Tempat wisata tersebut adalah Gunung Ratu. Konon ceritanya dahulu kala Gunung Ratu ini adalah lokasi pengasingan ibunda Gajah Mada yaitu Dewi Andong Sari sekaligus tempat bagi Gajah Mada di lahirkan.

 

Meruju dari cerita yang berkembang luas di tengah masyarakat, Dewi Andong Sari merupakan salah satu selir dari Raden Wijaya. Karena difitnah telah hamil di luar nikah, mengakibatkan Dewi Andong Sari dibuang dari kerajaan. Gunung Ratu sendiri berlokasi di Dusun Cancing, Desa Sendangrejo, Kecamatan Ngimbang, Lamongan.


10. Alun-alun Lamongan


Kurang lengkap rasanya jika di Lamongan tapi tidak berkunjung ke Alun-alun Lamongan, sebab disana tersedia berbagai wahana permainan yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung guna melipur lara atau lanskape panorama pusat pemerintahan kabupaten Lamongan yang banyak berdiri gedung yang aesthetic.


Alun-alun Lamongan dapat dikunjungi setiap waktu, nancmun waktu yang tepat untuk berkunjung kesana adalah di malam hari. Pada saat malam hari itulah kerlap-kelip lampu di sekitar Alun-alun Lamongan berpadu dengan sejuknya malam.